JAKARTA — Ketua Umum Kongres Wanita Indonesia (Kowani) Giwo Rubianto Wiyogo, mengatakan potensi kenaikan kasus positif pada dua pekan setelah libur Lebaran 2021. Penularan kasus Covid-19 pun terus terjadi pasca mudik atau pulang kampung.

“Pasca lebaran hati-hati. Betul-betul kita harus waspada karena ada potensi jumlah kasus baru Covid-19,” kata Giwo. Apa yang disampaikannya ini berdasarkan temuan terhadap Pekerja Rumah Tangga (PRT) yang bekerja padanya.

Giwo menuturkan ketika 4 PRT kembali usai pulang kampung selama sepekan, ternyata ada PRT yang positif setelah dilakukan swab antigen.Giwo sendiri cukup ketat menerapkan protokol kesehatan Covid-19 kepada PRT. Sebelum mereka kembali bekerja di rumah Giwo, mereka harus diswab antigen dan karantina terlebih dulu.

Baca jugaMudah dan Praktis Mencari PRT Profesional dan Aman

“Begitu mereka tiba kembali di rumah saya, sebelum mereka dikarantina harus langsung diswab test antigen yang pada saat itu terlihat positif atau tidaknya Covid 19,” kata Giwo, di Jakarta, kemarin.

Hari itu, katanya ada 4 PRT yang kembali dari kampungnya. Ternyata 3 positif dan 1 negatif. Jadi langsung PCR test dan isolasi mandiri.Ia pun bersyukur dengan test ini potensi terjadinya penularan Covid-19 di lingkungan rumahnya bisa dicegah. Tidak terbayang jika para ART langsung masuk ke rumah tanpa swab antigen.

“Jadi mohon perhatian kepada semuanya yang mempunyai asisten pulang kampung jangan sampai kontak dulu dengan kita sebelum mereka PCR test atau antigen swab. Ini bukan menghalang-halangi, tapi demi kebaikan dan keselamatan bersama,” tegasnya.

Kalau pun hasilnya negatif, lanjut Giwo, wajib periksa lagi setelah 5 hari untuk memastikan yang bersangkutan benar-benar negatif. Protokol kesehatan ini harus menjadi perhatian semua pihak demi kebaikan bersama.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sendiri meminta masyarakat untuk mewaspadai adanya lonjakan kasus Covid-19 dari klaster varian Delta. Kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat atau PPKM darurat diperpanjang hingga 25 Juli 2021. Keputusan ini diambil setelah pemerintah mengevaluasi pelaksanaan PPKM darurat yang berlaku sejak 3 Juli hingga berakhir Selasa (20/7). 😷

Presiden menjelaskan, penerapan PPKM darurat yang dimulai tanggal 3 Juli 2021 adalah kebijakan yang tidak bisa dihindari, yang harus diambil pemerintah meskipun sangat berat. “Ini dilakukan untuk menurunkan penularan Covid-19, dan mengurangi kebutuhan masyarakat untuk pengobatan di rumah sakit, sehingga tidak membuat lumpuhnya rumah sakit lantaran over kapasitas pasien Covid-19, serta agar layanan kesehatan untuk pasien dengan penyakit kritis lainnya tidak terganggu dan terancam nyawanya,” jelas Jokowi.

Pemerintah sendiri sudah menginstruksikan kepada setiap warga yang usai pulang kampung untuk melakukan test swab antigen di puskesmas atau di posko yang sudah ditentukan. Test ini gratis alias tidak dipungut biaya. Test ini perlu dilakukan untuk mencegah terjadinya penularan Covid-19. Jika hasilnya positif, warga harus diisolasi di tempat yang sudah ditentukan.

Maiders, mencari Pekerja Rumah Tangga (PRT) sesuai yang Anda butuhkan tentu tidak mudah di zaman sekarang, karena banyak faktor yang membuat itu semua sulit.

Tentunya disaat pandemi COVID-19 ini, banyak kekhawatiran Anda dalam merekrut atau memperkerjakan orang dirumah Anda.

Namun, Anda tidak perlu khawatir Maimaid.id akan memberikan layanan kebutuhan yang Anda butuhkan dan Maimaid.id sudah pastikan bahwa keselamatan, kenyamanan dan keamanan Maiders dalam memakai jasa layanan Maimaid.id.

Seperti diketahui saat pandemi COVID-19, pihak maimaid.id sudah menghimbau kepada semua para pekerja atau partner bahwa mereka tidak disarankan untuk mudik atau mengambil cuti.

Jika ada alasan yang mendesak, maka kami menghimbau agar mereka bisa kembali dalam keadaan sehat dan siap untuk mengikuti protokol kesehatan,  seperti  test Antigen atau PCR juga bersedia mengisolasikan diri sebelum kembali bekerja.

Disini Maimaid.id ikut berperan membantu pemerintah dan siap mengikuti peraturan yang telah ditetapkan untuk memutuskan mata rantai COVID-19 demi #INDONESIABANGKIT.

Untuk itu buat Maiders yang ingin memesan layanan maimaid.id atau ingin bergabung menjadi partner maimaid, kunjungi website kami di www.maimaid.id atau hubungi HOTLINE 021-22058667.

*Sumber: kowani.co.id