Jakarta - Dapur merupakan salah satu ruangan esensial bagi keluarga. Dapur menjadi tempat memasak dan menyediakan makanan yang lezat bagi keluarga. Apalagi selama Pandemi Covid-19, sudah menjadi hal wajib untuk menjaga kebersihan rumah. Terutama untuk kebersihan dapur.

Salah satu kebersihan dapur yaitu membersihkan alat makan seperti sendok, garpuh dan piring. Pastinya Maiders sering menemukan sendok atau garpuh yang sudah berkarat. Padahal, sendok atau garpuh berkarat bukan hanya tidak sedap dipandang. Tapi, noda-noda karat tersebut juga sangat tidak baik untuk kesehatan.

Itu sebabnya, jika alat makan seperti sendok mulai berkarat, kita harus cepat-cepat membersihkannya. Kalau bingung membersihkannya, coba saja beberapa cara membersihkan sendok berkarat berikut ini.

  1. Cara Menghilangkan Karat Sendok dengan Lemon

Anda tentu tahu bahwa buah lemon mengandung asam, dan karat sangat sensitif dengan cairan yang masam. Karat yang menempel pada sendok serta noda membandel menjadi mudah luruh dan terlepas dari sendok berkat kandungan asam pada lemon. Anda bisa menggunakan buah lemon untuk membersihkan karat pada sendok. Cukup dengan peras buah lemon secukupnya hingga cairannya terkumpul, lalu rendam sendok ke dalamnya cairan tersebut. Gosok bagian yang berkarat sampai bersih.

  1. Cara Menghilangkan Karat Sendok dengan Cuka dan Garam

Larutan cuka dan garam juga efektif mengangkat karat pada sendok. Cara membersihkan karat pada sendok dengan dua bahan ini cukup mudah. Anda cukup mencampurkan dua sendok makan cuka dengan garam, lalu oleskan pada bagian berkarat. Diamkan selama 30 menit, lalu gosok dengan sabut besi dan sabun cuci piring yang efektif menghilangkan kerak. Apabila karat terlalu sulit dibersihkan, diamkan selama semalaman.

  1. Cara Membersihkan Karat Sendok dengan Soda Kue

Anda dapat membuat pasta dari soda kue dan air untuk membasmi karat pada peralatan makan, tak terkecuali sendok. Pastikan jumlah soda kue lebih banyak dibandingkan air. Oleskan pada bagian yang berkarat, lalu diamkan selama semalam.

  1. Cara Membersihkan Karat Sendok dengan Kentang

Siapa sangka, kentang ternyata juga bisa digunakan untuk menghilangkan karat pada peralatan makan. Caranya cukup mudah. Anda hanya perlu menusukkan bagian sendok yang berkarat ke kentang, lalu diamkan semalaman. Setelah itu, oleskan soda kue dan gosok dengan sabut kasar yang telah diberi cairan pencuci piring.

  1. Cara Membersihkan Karat Sendok dengan Minuman Bersoda

Minuman bersoda juga bisa Anda gunakan untuk membersihkan karat pada sendok. Bersihkan terlebih dahulu permukaan sendok yang berkarat, kemudian bilas dengan air bersih dan keringkan. Tuangkan cairan atau minuman bersoda pada sendok yang berkarat secara merata dan diamkan selama lima belas menit. Gosoklah karat yang membandel sampai bersih, lalu bilas dengan air sekaligus sabun pencuci piring agar hasilnya lebih maksimal.

Itulah cara membersihkan alat makan yang berkarat, tidak hanya sendok atau garpuh, alat masak seperti panic atau wajan dari bahan stenless yang berkarat juga bisa kamu bersihkan dengan cara diatas ya, Maiders. Banyak hal yang bisa bikin alat masak jadi berkarat misalnya karena penyimpanan yang salah,  pencucian yang kurang bersih, atau bahan baku alat yang kurang berkualitas. Padahal karat bisa membuat alat masak kita cepat bolong dan juga kurang sehat karena tidak higienis.

Kita juga bisa pakai bahan penghilang karat yang biasa dibeli di toko besi, jika ingin karatnya cepat hilang. Tapi hati-hati saat menggunakannya, ya.  Penggunaan yang kurang hati-hati malah bisa bikin kulit tubuhmu iritasi karena bahan kimia ini bersifat keras. Selalu ikuti petunjuk pemakaian yang ada di label produk biar tetep aman.

Maiders, jangan lupa untuk membagikan tips dan trik ini ke pekerja rumah tangga Anda di rumah ya, Dan buat Maiders yang ingin memesan pekerja rumah tangga yang professional, pesan jasa sekarang di www.maimaid.id atau hubungi hotline kami 021 22058667.

*Sumber: Maimaid Team