Jakarta - Mengingat kehidupan di perkotaan yang sangat padat, tanpa disadari udara yang buruk akibat pencemaran sisa pembuangan kendaraan bermotor, asap pabrik atau kebakaran hutan dapat membahayakan kesehatan Anda. Bagi Anda, Maiders yang bertempat tinggal di daerah sekitar pabrik, udara kotor yang disebabkan oleh asap pembuangan pabrik sangatlah berbahaya bagi kesehatan keluarga. Mungkin bau dari asap pabrik tidak tercium secara langsung, akan tetapi tanpa disadari udara yang Anda hirup sudah tercemar dengan polusi berbahaya, dan ini tentu sangat membahayakan bagi kesehatan karena udara tersebut sudah mengandung karbon monoksida dan zat kimia lain.

Salah satu penyakit yang mungkin timbul karena buruknya kualitas udara adalah penyakit silikosis. Penyakit silikosis adalah penyakit yang dapat mengakibatkan gagal jantung. penyebab penyakit ini adalah debu silika bebas (SIO2) yang terhirup oleh paru-paru dan mengalami inkubasi selama 4 tahun. Debu silika ini dapat memicu banyak sekali penyakit lainya, diantaranya TBC, bronkitis, pneumonia.

Ada beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi udara yang tercemar:

  1. Pakai Masker

Pakai masker adalah salah satu sarana pencegahan untuk melindungi hidung dan paru-paru anda karena asap atau partikel yang akan masuk ke dalam hidung sudah tersaring oleh kerapatan dari masker.

  1. Minum Vitamin C

Minum Vitamin C bermanfaat pada tubuh digunakan untuk menangkal radikal bebas dari asap rokok dan polusi udara. Vitamin C adalah salah satu booster atau penguat daya tahan tubuh terbaik.

  1. Olahraga

Sebagai informasi, dengan rutin berolahraga bisa membantu membuat paru-paru Anda dalam keadaan prima. Tak harus pula dengan olahraga berat, cukup dengan olahraga ringan, seperti jogging, bersepeda, senam, dan lainnya.

  1. Cukup Air

Menyesap kopi atau teh hangat saat udara sedang dingin merupakan hal yang menyenangkan. Namun, Langkah selanjutnya adalah mengonsumsi air putih yang cukup. Ini penting mengingat hampir 70 persen tubuh manusia terdiri dari air. Untuk itu rutin mengonsumsi air putih merupakan langkah penting demi menjaga kualitas kinerja berbagai organ tubuh Anda. Lagi pula dengan tubuh cukup air, kelembapan yang dihasilkan akan membantu menyerap polusi yang masuk ke dalam tubuh agar tidak meluas.

  1. Ciptakan rumah yang hijau

Tanaman bisa jadi alat yang ampuh untuk menjernihkan udara. Maka dari itu, cobalah untuk menghijaukan rumahmu. Kalau gak punya taman atau halaman, kamu bisa cari sudut-sudut lain di dalam rumah untuk diubah menjadi lebih hijau. Misalnya dengan menaruh pot berisi tanaman di sudut ruang tamu. Kalau bingung memilih jenis tanamannya, kamu bisa pilih tanaman yang dipercaya mampu membantu mengatasi polusi udara. Misalnya saja sirih gading dan tanaman pakis yang dapat menghilangkan racun tertentu. Atau, kamu bisa pilih palem bambu dan lili paris yang mampu membersihkan udara.

  1. Gunakan Pembersih Udara

Alternatif lain yang bisa dilakukan untuk menjaga kualitas udara adalah dengan menggunakan alat pembersih udara atau air purifier. Alat tersebut terdiri dari filter dan kipas yang menghisap udara kotor, menyaringnya, dan mengedarkan kembali udara yang telah tersaring dari berbagai partikel berbahaya.

Berbagai cara di atas bisa membantu Anda mengurangi polusi di dalam ruangan dan membuat Anda memiliki kualitas udara yang lebih baik di dalam rumah. Oleh karena itu, kamu perlu menjaga kebersihan udara di rumah agar terhindar dari berbagai penyakit, terutama di tengah kondisi pandemi seperti saat ini.

Salah satu cara untuk mengatasi polusi udara di dalam ruangan Anda adalah dengan rutin membersihkan lantai rumah Anda minimal dua hari sekali. Lantai merupakan tempat bersarangnya mikroba, alergen, dan bahan kimia yang dapat menjadi polutan di dalam ruangan.

*Sumber: Maimaid Team