Jakarta - Jaman sekarang, memiliki kompor listrik induksi menjadi sesuatu yang umum ya, Bun. Apakah Anda termasuk seseorang yang menunggunakan kompor induksi ini? Kompor induksi menerapkan teknologi dan skema kerja yang canggih yang tentu berbeda dari kompor konvensional. Perbedaan teknologi ini tentu berimplikasi pada perbedaan cara menggunakan kompor induksi ini.

Pada kompor induksi, kita telah mengetahui adanya lempeng logam yang berfungsi sebagai medan magnet dan menjadi tempat meletakkan peralatan masak. Medan magnet hanya akan bereaksi menghantarkan panas jika didekatkan dengan peralatan masak berbahan besi atau stainless steel, sehingga tangan kita akan tetap aman meski menempel di atas kompor tersebut.

Untuk Anda yang menggunakan jenis kompor induksi ini, pastinya harus extra hati-hati merawat dan membersihkannya. Berikut Tim Maimaid berikan tips-trik membersihkan kompor Listrik Induksi:

  1. Bersihkan Langsung Setelah Pemakaian

Maiders, biasakanlah untuk membersihkan kompor listrik setiap habis pemakaian, ya. Hal ini dilakukan untuk mencegah munculnya noda-noda membandel yang sulit dibersihkan dan berpotensi menjadi kerak. Anda bisa gunakan kain untuk mengoleskannya dan usapkan berkali-kali hingga bersih.

  1. Cabut Sakelar Sebelum Membersihkan

Kalau mau membersihkan kompor listrik, pastikan Anda mencabut terlebih dahulu sakelarnya. Ini untuk mencegah terjadinya korsleting ketika kompor dibersihkan menggunakan cairan khusus dan aman untuk tangan Anda saat membersihkannya. Dengan mencabut sakelar, proses membersihan peralatan listrik di dapur ini akan jauh lebih aman bagi Anda dan keluarga.

  1. Siapkan Produk Pembersih Khusus

Cara membersihkan tungku kompor listrik dan bagian lainnya tidak bisa menggunakan sembarangan pembersih. Pastikan Anda menggunakan cairan pembersih khusus yang bisa diaplikasikan untuk menghilangkan noda pada kaca ataupun keramik. Gunakan produk pembersih khusus untuk dapur, seperti Wipol Power Clean Disinfectant Spray. Cukup semprotkan Wipol Power Clean Disinfectant Spray pada permukaan kompor, lalu seka dengan lap bersih hingga kering. Wipol Power Clean Disinfectant Spray adalah cairan disinfektan yang efektif digunakan untuk membersihkan permukaan peralatan yang ada di rumah.

  1. Gunakan Kain yang Lembut

Material kaca dan keramik yang umumnya menjadi permukaan kompor listrik sangat mudah tergores. Biasakan untuk memakai kain yang lembut dalam proses membersihkannya. Membersihkan kompor memakai kain yang lembut bisa mencegah timbulnya goresan yang tidak diharapkan. Beberapa contoh kain yang lembut untuk membersihkan kompor listrik misalnya handuk yang halus ataupun kain mikrofiber.

  1. Pastikan Permukaan Kompor Kering

Setidaknya, kamu perlu menyiapkan dua kain lembut ketika melakukan cara membersihkan kompor listrik. Kain yang pertama digunakan untuk membersihkan dan mengelap kondisi kompor yang kotor. Kain yang kedua untuk mengeringkan sisa cairan pembersih pada kompor. Anda harus memastikan permukaan kompor benar-benar kering setelah dibersihkan karena cairan yang dibiarkan mengering dengan sendirinya dapat meninggalkan bekas noda di permukaan kompor.

  1. Buat Waktu Khusus untuk Merawat

Jika Anda tidak memiliki waktu untuk membersihkan kompor setiap kali Anda selesai memasak, maka buatlah jadwal pembersihan khusus secara rutin. Dengan membuat jadwal khusus, Anda juga jadi memiliki lebih banyak waktu untuk membersihkan kompor secara lebih menyeluruh sampai ke bagian-bagian yang sulit terjangkau sekalipun. Anda bisa menjadwalkan pembersihan kompor listrik secara menyeluruh ini berbarengan dengan acara bersih-bersih dapur saat akhir pekan.

Untuk membersihkan noda atau kerak yang menempel pada permukaan kompor induksi, gunakan ceramic cleaner dan teteskan langsung pada noda ya, Maiders. Gunakan lap khusus ceramic cooktop cleaning pad untuk menghapus noda tersebut dan ulangi beberapa kali sampai nodanya benar-benar menghilang.

Maiders, jangan lupa berikan tips dan trik informasi ini kepada si mbak, yang bekerja di rumah Anda ya. Kompor induksi Anda akan terlihat selalu baru dan berkilau walau sudah lama digunakan. Kegiatan masak-memasak juga akan menjadi lebih menyenangkan bagi Anda dan keluarga.

Untuk Maiders yang sedang membutuhkan pekerja rumah tangga, Maimaid.id hadir untuk membantu Anda dalam menemukan pekerja professional dalam pekerjaan rumah tangga.

Mau tahu informasi selengkapnya kunjungi website kami di www.maimaid.id atau hubungi hotline kami 021-22058667.

*Sumber: Cleanpedia