Jakarta - Dalam kehidupan normal, menjaga kebersihan memang sudah diwajibkan bagi setiap orang. Apalagi di masa pandemi seperti saat ini, setiap orang harus ekstra dalam menjaga kebersihan. Baik itu kebersihan rumah kita, benda-benda yang dipakai, maupun tubuh kita. Bakteri dan kuman yang begitu kecil seringkali tidak terlihat secara kasat mata. Hal ini yang membuat kita harus selalu waspada untuk menjaga kebersihan setiap hari. Seperti yang kita tahu cara menghindar agar tidak terpapar virus corona adalah rajin mencuci tangan dengan sabun.

Selain mencuci tangan, kebiasaan yang lainnya yaitu mencuci pakaian. Kegiatan mencuci pakaian menjadi lebih sering dilakukan oleh orang-orang, terlebih sepulang dari luar rumah. Setelah sudah sampai rumah, maka kita akan cepat-cepat melepas pakaian, lalu mencucinya serta pergi mandi.

Baca juga: PRT Diwajibkan Untuk Test Antigen Sebelum Kembali Bekerja

Para ahli juga sudah menyarankan agar selalu mencuci pakaian setelah keluar dari rumah. Bukan hanya saat keluar rumah, meskipun berada di dalam rumah kita juga disarankan untuk mengganti dan mencuci pakaian.

Berikut tips mencuci pakaian saat pandemi COVID-19

Tahukah Maiders? Virus dapat bertahan hingga berhari-hari di beberapa bagian pakaian kita. Beberapa jenis virus bisa tetap hidup dan bertahan hingga 2 sampai 3 hari di material plastik atau stainless. Benda ini biasanya ada di kancing atau resleting pakaian kita.

Apakah harus menggunakan air dengan suhu tertentu?

Biasanya, virus akan mati saat terkena sabun atau deterjen. Tapi, supaya lebih maksimal, kamu disarankan untuk mencuci pakaian dengan air suhu hangat atau bisa juga air panas. Baik untuk yang mencuci pakaian dengan mesin cuci atau tangan. Bukan hanya virus, cara ini efektif untuk membunuh kuman-kuman yang menempel pada pakaian.

Jenis deterjen apa yang dapat digunakan?

Maiders, untuk mencuci semua pakaianmu, kamu bisa menggunakan deterjen jenis dan merek apapun. Kalau memungkinkan, kebersihan pakaian akan lebih maksimal lagi kalau ditambahkan dengan pemutih. Pakaian bakal tampak lebih bersih dan noda-noda menghilang.

Seberapa sering Maiders harus mencuci pakaian?

Tips mencuci baju saat Corona yang satu ini perlu kamu perhatikan. Kalau kamu baru kembali dari tempat-tempat keramaian, sebaiknya langsung cuci pakaian yang kamu gunakan tadi. Supaya, virus dan kuman yang menempel pada pakaian bisa langsung musnah secepatnya.

Maiders, Jika kamu tidak yakin dengan seberapa bersih pakaian, bisa gunakan cairan pemutih sebelum dicuci. Apabila kalian tidak sempat untuk langsung mencuci, simpan pakaian dalam kantong khusu sampai bisa dicuci. Ingat untuk selalu membersihkan dan disinfeksi kantong setelah dikosongkan. Ketika menyentuh pakaian kotor yang baru saja digunakan untuk berpergian, jangan lupa untuk segara mencuci tangan dengan sabun.

Kita memang tidak perlu panik yang berlebihan, namun tidak ada salahnya melakukan tindakan preventif untuk menekan persebaran Covid-19. Untuk Maiders yang sedang membutuhkan pekerja rumah tangga, Maimaid.id hadir untuk membantu Anda dalam menemukan pekerja professional dalam pekerjaan rumah tangga.

Mau tahu informasi selengkapnya kunjungi website kami di www.maimaid.id atau hubungi hotline kami 021-22058667.

Semoga bermanfaat ya, Maiders. J

*Sumber: Maimaid Team