Jakarta - Teh tarik adalah minuman manis berupa campuran teh dan susu yang lazim ditemukan di daerah Asia Tenggara, khususnya Indonesia, Malaysia, dan Singapura. Minuman ini biasanya dijual oleh para mamak (orang India Muslim) di Malaysia dan Singapura, yang menjadikannya sebagai minuman nasional negara tersebut. Di Indonesia, minuman ini dapat ditemukan di beberapa tempat di Indonesia, antara lain, di Riau, Kepulauan Riau, Sumatra Utara, dan Aceh—di Aceh disebut sebagai teh tarek.

Cara membuat teh tarik sebenarnya sederhana. Dengan bahan utama teh, susu, dan krimer, teh tarik bisa dibuat sendiri dengan mudah. Yang membedakan antara teh tarik dan teh susu adalah teknik pembuatannya.

Bahan-bahan Resep Dan Cara Membuat Es Teh Tarik :

Sebelum membuat es teh tarik, simak resep dan bahan-bahan yang digunakan untuk membuat es teh tarik berikut ini.

  • 1 kantung Teh Celup *jenis tehnya opsional atau sesuai selera ya.
  • 200 ml Air Panas.
  • 20 ml Susu Kental Manis.
  • Es Batu secukupnya.

Cara Membuat Resep Dan Cara Membuat Es Teh Tarik :

Setelah menyiapkan bahan-bahannya, ikuti langkah-langkah berikut ini untuk membuat es teh tarik.

  1. Seduh 1 kantung Teh Celup SariWangi di dalam air panas selama 3-4 menit. Kemudian, diamkan hingga dingin.
  2. Campur air teh yang sudah dingin dengan susu kental manis dan es batu ke dalam shaker.
  3. Kocok hingga teh berbuih, lalu tuangkan ke dalam gelas saji.
  4. Es Teh Tarik ala Melayu ini siap untuk disajikan. Jangan lupa kasih topping es krim atau topping lainnya sesuai selera.

Cara membuatnya sangat mudah, bukan?  Cara pembuatan teh tarik yang dipindahkan dari satu gelas ke gelas lain dengan cara menuangkannya dari jarak yang tinggi memberikan keistimewaan tersendiri. Teh ini memiliki tampilan buih yang begitu menggoda, apalagi dimimumnya saat siang hari yang panas paling enak diademin dengan minuman dingin.

Teh tarik ini juga dapat diminum dalam keadaan panas. Resep minuman nya pun sama dengan cara membuat teh tarik dingin. Hanya saja, Maiders tidak perlu mendiamkan air teh hingga dingin dan tidak menambahkan es batu. Silahkan dicoba untuk dipraktekkan langsung di rumah.

*Sumber: Maimaid Team