Jakarta – Setiap tahunnya masyarakat Indonesia selalu dihebohkan dengan yang viral dari makanan atau minuman yang kekinian, pada tahun 2020 lalu, masyarakat dihebohkan dengan mencoba membuat  salah satu minuman yakni Dalgona coffee. Dan di Tahun 2021 saat ini selama masa pandemi, banyak orang tertarik mencoba membuat menu masakan yang sedang hits dan viral jadi kegiatan menyenangkan yang bisa ditiru nih, Maiders. Ternyata ada banyak makanan viral yang sedang hits di sosial media, salah satunya croffle.

Seperti namanya, maka bahan dasar dari croffle ini merupakan adonan croissant yang dipanggang dengan alat waffle. Untuk mendapatkan adonan croissant yang siap panggang masih cukup sulit, tetapi ternyata membuat adonan croissant untuk croffle tidak begitu sulit lho, Maiders.

Baca juga: Croffle Enak Di Jakarta, WAJIB Coba!!

Berikut resep croffle yang bisa Maiders coba, dari youtuber asal Negeri Ginseng, Sweet The MI.

  1. Campurkan air hangat dan ragi. Tunggu sampai ragi bekerja.                                                
  2. Masukkan tepung pada wadah berbeda. Tambahkan gula, garam, susu skim, dan mentega. Aduk hingga rata.
  3. Masukkan telur ke dalam adonan ragi.
  4. Masukkan adonan ragi ke dalam adonan tepung. Aduk hingga rata.
  5. Tuangkan adonan pada meja yang telah dilapisi plastik. Uleni adonan hingga kalis.
  6. Pindahkan adonan ke dalam mangkok dan tutup. Diamkan hingga adonan berukuran dua kali lipat.
  7. Sembari menunggu, buat adonan mentega di dalam croissant. Pipihkan mentega tawar beku dengan rolling pin. Taburi tepung agar tidak lengket.
  8. Bungkus mentega yang telah pipih dengan plastic wrap, simpan dalam lemari pendingin selama 15 menit.
  9. Keluarkan adonan roti (tepung dan ragi) dari mangkuk. Pipihkan adonan, tapi jangan terlalu tipis atau tebal. Taruh mentega di atasnya dan lipat adonan hingga mentega tertutup.
  10. Giling kembali adonan. Hati-hati, jangan sampai mentega keluar dari adonan.
  11. Diamkan di suhu ruang selama 30 menit.
  12. Lipat kembali adonan dan lakukan hal yang sama sampai tiga kali.
  13. Pipihkan adonan kembali, dan rapikan sampai berbentuk persegi panjang. Iris adonan membentuk segitiga siku-siku.
  14. Gulung masing-masing adonan yang telah diiris dari bawah ke atas hingga membentuk croissant. Lakukan pada adonan lainnya sampai habis dan diamkan beberapa saat di dalam suhu ruang.
  15. Siapkan alat pembuat waffle. Letakkan adonan pada alat pembuat waffle. Mentega dari croissant akan meleleh mengikuti bentuk cetakan.
  16. Sajikan croffle dengan topping kesukaan Anda. Anda bisa memberikan croffle dengan sirup maple, es krim atau berbagai macam selai.

Makanan ini sangat cocok sekali buat Maiders, yang sedang work from home. Cara membuat croffle mirip dengan croissant, bahkan adonanya pun sama yang membedakan ialah cara memasaknya yang menggunakan cetakan waffle.  Bahan-bahannya juga sangat mudah ditemukan di minimarket atau supermarket terdekat. Selamat mencoba!

*Sumber: Sweet The MI