Jakarta - Bandeng presto adalah makanan khas Indonesia yang berasal dari Kota Semarang, Jawa Tengah. Makanan ini dibuat dari ikan bandeng (Chanos chanos) yang dibumbui dengan bawang putih, kunyit dan garam. Ikan bandeng ini kemudian dimasak pada alas daun pisang dengan cara presto. Presto adalah cara memasak dengan uap air yang bertekanan tinggi. Makanan yang dimasak dengan cara ini diletakkan dalam panci yang dapat dikunci dengan rapat. Air yang berada di dalam panci ini kemudian dipanaskan hingga mendidih. Uap air yang timbul akan memasak makanan yang berada di dalam panci ini.

Karena ikan bandeng terkenal memiliki banyak duri, bandeng presto adalah makanan yang digemari karena dengan cara masak presto duri-duri ini menjadi sangat lunak. Ikan bandeng presto yang dijual di pasaran biasanya dibanderol dengan harga yang cukup mahal jika dibanding dengan jenis ikan air tawar yang lainnya. Namun, harga yang berbeda ini cukup sebanding dengan rasa yang ditawarkan.

Baca juga: Warna-Warni Kampung Pelangi Semarang

Namun, untuk mencicipi sajian ikan bandeng presto yang rasanya enak nan lezat kita tak perlu jauh-jauh melancong ke ibukota Jawa Tengah. Pasalnya, kita bisa mengolah ikan bandeng presto sendiri di rumah asalkan tahu satu trik ini. Berikut resep olahan ikan bandeng presto khas Kota Semarang:

BAHAN UTAMA IKAN BANDENG:

  • 1 kg ikan bandeng segar
  • Secukupnya daun pisang
  • 350 ml air
  • 1 sdm air asam jawa
  • 1/2 sdt garam

BAHAN DAN BUMBU IKAN BANDENG:

  • 6 siung bawang outih
  • 1 sdm garam
  • 4 lembar daun salam
  • 1 sdm ketumbar, sangrai
  • 1 c, kunyit
  • 1 ruas lengkuas

BAHAN PELENGKAP IKAN:

  • Sambal pedas (jika suka)
  • Bawang goreng
  • Lalapan
  • Nasi hangat

TIPS MEMPERSIAPKAN IKAN BANDENG SEGAR SEBELUM DIBUMBUI:

  1. Cara pertama adalah penting sekali untuk membersihkan ikan bandeng sebelum diolah. Sebab kita harus membersihkan beberapa bagian pada tubuh ikan, dimana bagian tersebut tidak akan digunakan Nah, bagian pertama pada ikan bandeng yang akan dibersihkan adalah bagian jeroan ikan. Untuk membersihkan bagian ini, anda bisa melakukannya dengan bantuan pisau dapur untuk membelah bagian perut ikan. Setelah itu, baru keluarkan jeroan ikan dengan menggunakan tangan. Jika semua bagian jeroan ikan sudah dibersihkan, untuk memastikan bagian ini bersih secara merata, maka bilas kembali ikan dengan air bersih.
  2. Kemudian, bersihkan pula bagian insang yang ada dikepala ikan. Caranya, buka bagian kepala ikan dan bersihkan lapisan insang dikepala ikan hingga bersih.
  3. Bagian terakhir pada ikan yang harus dibersihkan adalah bagian sisik ikan. Silahkan lakukan dengan menggunakan pisau atau sendok untuk mengerik bagian sisik ikan dan bersihkan sisik ikan hingga merata dan bersih.
  4. Setelah itu, kerat bagian tubuh ikan agar bumbu bisa meresap kedalam ikan secara merata.
  5. Lalu lumuri ikan dengan air asam jawa juga garam guna menghilangkan atau meminimalisir bau amis yang menempel pada ikan. Setelah itu diamkan sementara selama kurang lebih 10 menit.

CARA MEMBUAT IKAN BANDENG PRESTO:

  1. Selagi menunggu ikan direndam dengan bumbu, silahkan haluskan terlebih dahulu bumbu seperti bawang merah, bawang putih, juga kunyit, ketumbar yang telah disangrai dan juga garam hingga halus merata.
  2. Lalu campurkan bumbu yang telah dihaluskan bersama dengan lengkuas yang diparut dan aduk-aduk merata.
  3. Setelah bumbu halus, kita siapkan panci presto dan alasi bagian bawahnya dengan duan pisang.
  4. Lalu lumuri ikan bandeng dengan bumbu yang telah dihaluskan. Balurkan secara merata sampai ikan bandeng terbumbui merata.
  5. Kemudian masukkan ikan bandeng kedalam panci presto, dan alasi masing-masing ikan bagian atasnya dengan daun pisang agar kulit ikan tidak saling melekat sewaktu dimasak.
  6. Tutup panci presto dengan tutupnya hingga terdengar bunyi “klik” dan masak selama kurang lebih 20 menit.
  7. Setelah 20 menit, angkat ikan dari panci, tiriskan sementara dan ikan siap untuk digoreng.

Setelah ikan matang, silahkan angkat ikan dan sajikan ikan dalam piring saji untuk kemudian siap disantap dengan nasi dan bahan pelengkap lainnya. Semoga resep ini bermanfaat dan bisa dipraktikan dirumah dengan mudah dan sederhana. Selamat mencoba.

*Sumber resep: Seleras