Jakarta - Banyak yang beranggapan ampas kopi sekilas terlihat tak berguna. Tidak sedikit masyarakat akan langsung membuang jika melihat ampas kopi. Namun, ternyata ampas kopi memiliki beberapa manfaat yang menguntungkan. Nah, bagi Maiders yang hobi minum kopi, sudah saatnya memanfaatkan sisa endapan dari minuman fenomenal tersebut. Berikut adalah beberapa keuntungan yang bisa Anda dapat dari ampas kopi.

Baca Juga:

  1. Menghilangan Bau Kopi

Ampas kopi memiliki manfaat untuk menghilangkan bau sisa makanan di tangan. Bau bawang, ikan ataupun bahan masak lainnya bisa dihilangkan dengan waktu singkat. Keunikan lainnya, ampas kopi juga berfungsi sebagai exfoliant untuk membuat tangan lebih halus dan bersih. Sehingga selain bisa membuat tangan terhindar dari bau-bau yang tidak sedap, tangan kamu juga bisa bersih lho.

  1. Membersihkan peralatan masak

Memakai sabun untuk membersihkan bagian belakang panci, kadang tidak cukup. Percaya atau tidak, ampas kopi dapat digunakan untuk menghilangkan noda-noda yang menempel diperalatan memasak. Ampas kopi juga dapat menghilangkan bau amis yang menempel di peralatan memasak yang susah hilang.

  1. Pengharum ruangan / mobil

Karena aromanya yang harum, ampas kopi dapat digunakan sebagai pengharum ruangan. Yang perlu dilakukan adalah dengan menempatkan bubuk ampas kopi di dekat ventilasi udara di kamar. Selain itu, ampas kopi dapat berfungsi sebagai penetralisir bau-bau tak sedap lainnya, seperti bau rumah yang sedang dicat.

  1. Menghasilkan kompos

Bubuk ampas kopi juga dapat dijadikan pilihan kompos terbaik yang berguna untuk menyuburkan tanaman. Hal ini disebabkan bubuk ampas kopi kaya akan nitrogen dan dapat menarik perhatian cacing yang ada di tanah. Fungsi dari ampas kopi juga dapat meningkatkan jumlah air dan oksigen di dalam tanah. Bagi Maiders, yang hobi bercocok tanam, amapas kopi akan sangat menguntungkan.

  1. Mengembalikan warna furnitur yang kusam

Memiliki dekorasi hunian bernuansa kayu memang lagi tren. Sayangnya, merawat furnitur kayu memang nggak gampang. Seiring berjalannya waktu, warna furnitur bisa memudar. Untuk menyiasati kondisi tersebut, Maiders bisa menggosok beberapa bagian yang kusam dengan ampas kopi. Manfaat ampas kopi ini bisa Anda pakai juga untuk menghilangkan noda membandel di kursi, meja, atau lemari kayu. Jelas lebih hemat karena Maiders nggak perlu membeli furnitur baru, kan?

  1. Membersihkan kerak di dasar panci

Punya panci berkerak memang bikin Maiders kesal. Padahal sudah dicuci bersih setiap habis dipakai memasak, tetapi kerak membandel nggak juga hilang. Manfaat ampas kopi berikutnya bisa membantu Maiders untuk mengatasi masalah tersebut. Anda bisa menggosokkan ampas kopi di dasar panci yang berkerak dengan air. Menariknya, Maiders juga bisa menambahkan ampas kopi untuk menghilangkan bau amis di berbagai peralatan makan.

  1. Membasmi Semut

Sisa makanan yang tercecer di dapur atau ruang makan kerap mengundang kehadiran semut. Untuk mengatasinya, kamu  tak perlu menyemprot cairan pembersih serangga yang umumnya mengandung partikel berbahaya bagi tubuh. Caranya, cukup dengan menaburkan ampas kopi di daerah yang kerap didatangi semut.

Maiders, mulai sekarang jangan langsung buang ampasnya. Berbagai manfaat ampas kopi ini bisa lho dapatkan dengan sangat mudah. Selamat mencoba.

*Sumber: Maimaid Team