Jakarta - Makanan khas Surabaya yang terkenal lezat dan enak. Beragam makanan dengan rasa lezat bisa Anda temukan di setiap sudut kota. Surabaya memiliki pesonanya tersendiri, tidak hanya menjadi pusat bisnis dan wisata saja. Tetapi juga menjadi surganya kuliner Indonesia. Wisata kuliner di Surabaya, tidak kalah dengan wisata kuliner di Yogyakarta atau Bandung. Ada banyak sekali makanan enak yang wajib Maiders cicipi salah satunya makanan khas surabaya.

Baca juga: Resep Croffle Yang Kudapan Yang Enak Ala Korsel

Berikut kuliner khas Surabaya yang harus Anda kunjungi:

  1. Sate Klopo

Sesuai namanya, Klopo yang berarti kelapa. Sate ini dibuat dengan campuran kelapa parut. Sate ini tetap dibuat dari daging sapi yang diiris tipis. Daging yang ada di Sate Klopo ini, setelah diiris tipis lalu dibalur dengan parutan kelapa, kemudian dibakar.

  1. Lontong Balap

Makanan khas Surabaya selanjutnya yaitu Lontong Balap. Makanan yang terkenal dari Kota Pahlawan ini terdiri dari lontong, tauge, tahu goreng, lentho, bawang goreng, kecap dan sambal. Cara menyajikannya pun mudah, lontong diiris-iris dan di atas irisan lontong diberi potongan tahu goreng serta remasan beberapa lentho (bulatan kecil sebesar ibu jari). Kemudian ditambahkan tauge setengah matang yang porsinya terbanyak dalam hidangan, setelah itu diberi kuah secukupnya, bawang goreng, sambal dan kecap.

  1. Rujak Cingur

Rujak cingur sangat populer di Surabaya, Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, rujak cingur menjadi salah satu makanan yang wajib Anda cicipi, terlebih bagi Anda yang pecinta rujak.Rujak cingur sendiri memiliki dua macam yakni rujak cingur matengan dimana semua bahannya dimasak disertai menu lauk lontong, tauge, kangkung, tahu goreng, tempe goreng dan cingur. Sedangkan rujak cingur campur buah akan ditambahkan nanas, manga muda, bengkuang, dan mentimun yang begitu menyegarkan.

  1. Tahu Campur

Kuliner khas Surabaya yang satu ini menjadi makanan yang paling diburu. Tahu Campur terkenal lezat karena terdapat sedikit bumbu petis di dalamnya. Tahu campur terbuat dari bahan-bahan seperti daging sapi, tahu goreng, tauge, selada air dan mi kuning. Semua bahan ini dipotong-potong kemudian disiram kuah yang terbuat dari bumbu-bumbu yang sudah dicampur dengan petis.

  1. Sego Sambel

Jika Maiders penyuka makanan pedas, pasti sudah tidak asing dengan sego sambel. Makanan khas Surabaya ini juga sangat terkenal dan memiliki penikmatnya sendiri. Surabaya ibarat surga bagi para penikmat penyetan atau sego sambel. Makanan ini terdiri dari nasi, cabai, dan lauk pauk lainnya yang dihidangkan di atas piring. Lalu, untuk menambah citarasanya, sego sambel akan semakin lengkap karena ditambahkan telur dadar, tempe, tahu, ayam, ikan, atau daging, serta kedelai goreng di atasnya.

Tentunya, hal yang menjadi daya tarik dari sego sambel adalah sambalnya yang pedas. Beberapa tempat makan yang menyajikan sego sambel bahkan juga memberikan level pedas yang berbeda-beda. Salah satu lokasi sego sambel favorit di Surabaya adalah Sego Sambel Mak Yeye.

Meskipun tempatnya kecil dan hanya di emperan toko, namun pengunjung Sego Sambel Mak Yeye selalu ramai hampir setiap malam. Hal yang menjadi favorit karena sambal yang disajikan sangat khas dan cita rasanya pedas manis dan bikin ketagihan.

Cita rasa Surabaya yang umumnya gurih dan pedas cocok di lidah kebanyakan warga Indonesia. Namun sebelum Anda memutuskan untuk merencanakan ke Surabaya, pastikan Anda mengetahui peraturan penerbangan pesawat terupdate agar rencana bisa berjalan lancar.

Juga jangan lupa mampir ke kantor Maimaid cabang Surabaya ya, Maiders. Semoga informasi ini bermanfaat.

*Sumber: Maimaid Team