Jakarta -  Maiders, pasti sudah tahu kan bahwa kesehatan emosional anak sangat dipengaruhi oleh bagaimana orangtua mendampingi anak melewati  hari-harinya. Setiap manusia yang lahir akan berkembang dari segi fisik, kognitif, sosial, dan juga emosi hingga nantinya dewasa dan menjadi karakter yang kuat dalam hidupnya. Saat si kecil mulai tampak mengeluarkan emosi dan sulit mengelolanya, terkadang orang tua juga bingung apa yang harus dilakukan untuk mengajarkannya tentang berbagai emosi yang dialami. Perkembangan emosi ini berkaitan dengan pengalaman anak dalam mengenali perasaan dan emosi yang dialami, memahami bagaimana dan mengapa sebuah hal terjadi, mengenali perasaan orang lain, dan mengembangkannya.

Baca juga: Hari ASI Sedunia “Perlindungan Menyusui: Tanggung Jawab Bersama”

Seiring pertumbuhan anak, perkembangan emosi anak ini juga akan semakin kompleks sesuai dengan pengalaman hidup yang didapatkannya. Peran orang tua sangat penting untuk menunjang perkembangan kecerdasan emosional buah hati. Ini dia beberapa hal yang bisa Maiders lakukan hanya 3 menit untuk membangun kecerdasan emosional buah hati sejak usia dini.

  1. Ketika anak bangun pagi, daripada membangunkan anak dengan paksa. Lebih baik cobalah berbicara secara perlahan atau membisik manja “Hari ini apa yang paling adik tunggu-tunggu? Kegiatan ini bisa Maiders praktekan berbaring bersama sambil cuddling sejenak dengan si kecil.
  2. Ketika anak pulang sekolah, banyak orang tua yang sering menyambut anak pulang sekolah dengan acuh tak acuh, etss.. jangan ditiru ya, Maiders. Alangkah baiknya saat anak pulang sekolah berikan si kecil senyuman dan pelukkan yang hangat seperti, “Adik sudah pulang ya! Hari ini main dan belajar apa saja disekolah?” Dipoin ini kamu bisa berbincang-bincang dengan si kecil, sambil mengajak si kecil makan cemilan favoritenya.
  3. Sebelum anak pergi tidur, Maiders, perlu diketahui tidak semua anak-anak menyukai kesepian apalagi disaat malam mereka merenjak tidur. Sesekali ajaklah si kecil bercerita atau berdoa bareng sebelum tidur, seperti, “Ayah dan Ibu bangga sekali kamu sudah mulai dewasa mau berbagi mainanmu dengan teman hari ini”.

Kecerdasan emosi adalah suatu jenis kecerdasan yang memusatkan perhatiannya dalam mengenali, memahami, merasakan, mengelola, memotivasi diri sendiri dan orang lain serta dapat mengaplikasikan kemampuannya tersebut dalam kehidupan pribadi dan sosialnya.

Sembilan menit ini dipercaya dapat membuat perbedaan terhadap perkembangan otak, mindset dan kesehatan si kecil.

*Sumber: Chaisplay