Jakarta - Olimpiade Musim Panas 2020, secara resmi dikenal dengan Games of the XXXII Olympiad, adalah ajang olahraga internasional akan datang yang semula dijadwalkan untuk diselenggarakan di Tokyo, Jepang, pada tanggal 24 Juli-9 Agustus 2020. Pada Maret 2020, Komite Olimpiade Internasional (IOC) memutuskan untuk menunda olimpiade selama setahun karena pandemi COVID-19. Sejauh ini, IOC menyatakan bahwa olimpiade musim panas ini akan dibuka pada 23 Juli 2021, tepat satu tahun dari jadwal semestinya.

Tokyo terpilih sebagai kota tuan rumah dalam sidang IOC ke-125 di Buenos Aires, Argentina, pada tanggal 7 September 2013. Kota-kota kandidat penyelenggara Olimpiade Musim Panas 2020 lainnya adalah Madrid, Spanyol, dan Istanbul, Turki. Kedua kota ini memperoleh jumlah suara sama pada seleksi babak pertama; namun Madrid tereliminasi pada babak penentuan.

Di Indonesia, hak siar televisi Olimpiade Musim Panas 2020 dipegang oleh Emtek (ditayangkan di Indosiar, O Channel, Champions TV, Nex Parabola, dan Vidio) dan TVRI (ditayangkan di TVRI dan TVRI Sport HD). Sebanyak 28 Atlet Indonesia akan tampil di Olimpiade Tokyo 2020 dari delapan cabang olahraga (cabor). Kedelapan cabor tersebut adalah angkat besi, atletik, bulu tangkis, dayung, menembak, panahan, renang dan selancar.

Dari delapan cabor tersebut, bulutangkis mengirimkan wakil terbanyak. Rinciannya, ada dua ganda putra dan tunggal putra, lalu satu ganda putri, ganda campuran, serta tunggal putri, yang jika ditotal berjumlah 11 atlet. Sebanyak 11 atlet Indonesia akan tampil di hari ketiga Olimpiade Tokyo 2020, Senin (26/7). Berikut jadwal wakil Indonesia di Olimpiade Tokyo, hari ini.

Baca juga: Saksikan Malam Hari Ini, Perundingan Undian Bulutangkis Olimpiade Tokyo 2020

Jadwal Panahan dan Selancar :

Panahan  : 08.16 WIB: Indonesia vs Inggris Raya

Selancar : 09.48 WIB: Rio Waida vs Kanoa Igarashi (Jepang)

Bulu Tangkis

08.40 WIB: Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti vs Yuta Watanabe/Arisa Higashino (Jepang)

10.40 WIB: Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon vs Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty (India)

16.00 WIB: Greysia Polii/Apriyani Rahayu vs Chloe Birch/Lauren Smith (Inggris Raya)

17.20 WIB: Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan vs Aaron Chia/Soh Wooi Yik (Malaysia)

Indonesia yang kini duduk di peringkat ke-19 klasemen sementara perolehan medali Olimpiade Tokyo akan kembali berjuang di hari ketiga kejuaraan.

*Sumber: olympics.com