Jakarta - Muay thai atau yang biasa disebut juga dengan thai boxing, olahraga muay thai merupakan salah satu olahraga yang diminati oleh banyak orang. Walaupun tergolong olahraga yang sangat “macho” karena terdapat unsur bela diri, namun muay thai terbukti efektif untuk menurunkan berat badan, sehingga banyak wanita yang tertarik melakukannya.

Muay Thai adalah olahraga bela diri asal Thailand yang mengandalkan serangan atas melalui pukulan dan tendangan. Muay Thai juga banyak menggunakan teknik penguncian di sekitar kepala lawan (clinching).

Manfaat Muay Thai bagi Perempuan

Meskipun terdengar olahraga yang ganas, Muay Thai memiliki banyak manfaat bagi Perempuan. Salah satu yang paling populer adalah Muay Thai bisa menurunkan berat badan. Perlu diketahui bahwa timbangan bukanlah acuan utama. Maksudku peningkatan kebugaran fisik tidak hanya tergantung dengan angka timbangan tapi juga level kebugaran, level tenaga, dan level kesehatan. Ingat kuncinya, kurus itu bonus.

Mengapa demikian? Beberapa klienku terlalu memikirkan angka timbangan berlebihan, hal ini tidak baik karena malah bisa memicu stress dan menghasilkan hormon kortisol yang tinggi di dalam tubuh. Ketika hormon tersebut terlalu banyak di dalam tubuh akan sulit untuk menurunkan berat badan.

Untuk kamu Maiders, yang ingin melakukan olahraga Muay Thai, Maiders diharuskan menyiapkan beberapa peralatan yang digunakan. Agar dapat menunjang proses latihan kamu menjadi berhasil. Lalu alat-alat apakah yang dibutuhkan untuk melakukan olahraga Muay Thai? Simak berikut ini:

  1. Samsak

Namanya memang samsak tinju, tetapi produknya juga bisa digunakan untuk meningkatkan kekuatan kaki, lho! Memiliki samsak tinju pribadi tentu membuat Maiders lebih fleksibel saat ingin melatih fisik. Maiders, bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan. Samsak ini digunakan dalam Muay Thai sebagai target latihan pukulan dan tendangan.

Samsak tersedia dalam berbagai ukuran mulai dari yang kecil sampai besar. Pada umumnya material yang digunakan untuk mengisi samsak adalah pasir, air, udara, dan tekstil.

  1. Tali Skipping

Bukan hanya melatih stamina dan kekuatan otot tangan, namun otot kaki juga perlu loh sahabat sehat. Dalam olahraga Muay Thai, kamu wajib memiliki tali skipping karena berfungsi untuk melatih stamina dan kekuatan otot kaki. Oleh karena itu, kamu perlu memilih tali skipping dengan baik. Disarankan untuk memilih tali yang panjangnya disesuaikan dengan tinggu tubuh kamu dan pilih tali yang memiliki berat.

  1. Punch Mitt

Punch mitt adalah sarung tangan yang dipakai oleh pelatih Muay Thai untuk menyerap pukulan yang dilancarkan oleh murid. Kegunaan punch mitt ini mungkin fungsinya hampir sama dengan samsak. Punch mitt ini berbentuk seperti sarung tangan namun diberikan bantalan busa yang dijadikan sebagai target sasaran untuk pukulan dan tendangan murid.

  1. Head Guard

Head guard adalah pelindung kepala yang berbentuk seperti helm yang berfungsi untuk melindungi kepala saat bertanding. Namun dalam pertandingan professional, alat ini tidak dipakai, lho!

  1. Handwrap

Siapa yang tidak kenal dengan perlengkapan satu ini. Ya, salah satu jenis perlengkapan yang berfungsi sebagai pengaman untuk melindungi lengan terutama bagian pergelangan tangan memang sangatlah penting. Cara mengenakan handwrap juga sangatlah mudah. Cukup dengan melilitkannya dengan kencang pada bagian pergelangan tangan. Maiders, kamu perlu memperhatikan adanya thumb loop sebagai tempat ibu jari tangan kamu agar handwrap pas dan stabil saat dikenakan.

  1. Sarung tangan

Selain ada handwrap, alat yang satu ini wajib juga kamu punya, Maiders Sarung tangan ini hampir sama seperti sarung tangan yang digunakan pada tinju. Fungsinya tentu melindungi tangan kamu pada saat memukul lawan.

Olahraga muay thai menggabungkan teknik bela diri dan latihan otot. Teknik-teknik bela diri yang digunakan meliputi pukulan, tendangan, siku, dan serangan lutut, sehingga pada saat berlatih, tanpa sadar semua bagian tubuhmu bergerak. Gerakan-gerakan seperti memutar tubuh, menyerang dengan sikut dan menendang dapat mengencangkan dan membakar lemak pada tubuh.

*Sumber: onefc.com