Jakarta – Maiders, apakah hari ini Anda sudah memcuci pakaian? Mencuci pakaian sudah menjadi kegiatan rutin di rumah tangga ya Maiders. Sebagian orang memilih detergen bubuk, dan sebagian lainnya memakai detergen cair. Keduanya sama-sama ampuh dalam membasmi noda. Lalu, apa bedanya? detergen bubuk mengandung kadar konsentrat yang lebih rendah dari detergen cair. Dalam pemakaiannya, detergen bubuk harus dilarutkan terlebih dahulu sebelum digunakan.

Jenis kain lembut seperti sutra, sifon dan satin sebaiknya dicuci memakai detergen cair. Sebab menurut Joanna, residu yang tertinggal dari detergen bubuk dapat merusak kain. Penggunaan detergen juga harus disesuaikan dengan mesin cuci. Tak semua mesin cuci memiliki daya tahan terhadap busa sabun.

Deterjen Bubuk

Detergen bubuk merupakan sabun dengan kandungan bahan dryer, builder dan filler yang diolah menjadi bubuk. Detergen bubuk digunakan untuk mencuci pakaian dengan cara melarutkan detergen bubuk ke dalam air hingga mengeluarkan busa kemudian dilakukan perendaman pakaian yang kotor sebelum dicuci.

Keunggulan Detergen Bubuk:

  1. Ampuh untuk membersihkan noda pada pakian yang kotor, bisa menggantikan fungsi sabun cuci misalnya detergen bubuk bisa digunakan untuk mencuci kamar mandi.
  2. Deterjen bubuk lebih murah, Salah satu alasan mengapa banyak orang menggunakan deterjen bubuk karena harganya  ekonomis. Deterjen bubuk memiliki harga yang lebih murah karena deterjen cair membutuhkan lebih banyak zat kimia dalam proses pembuatannya, jelas Shoaib Arif, manajer aplikasi dan layanan teknis di Pilot Chemical, perusahaan pembuat surfaktan. 
  3. Deterjen bubuk bekerja lebih baik dalam menghilangkan kotoran yang berasal dari luar rumah, Deterjen bubuk memiliki kandungan surfaktan yang masih berhubungan dengan alkylbenzene sulfonate, yang sangat efektif untuk noda yang berasal dari luar rumah seperti lumpur, tanah liat, atau rumput kotor.

Kekurangan Detergen Bubuk: 

  • Penggunaan detergen bubuk untuk jangka waktu yang panjang akan membuat pudar warna pada pakaian, selain itu penggunaan detergen bubuk juga akan mengakibatkan mengendap pada pakaian yang di cuci dengan menggunakan mesin cuci. Karena detergen bubuk ini mengandung builder, buat kamu yang menggunakan mesin cuci di rumah biasanya dapat menimbulkan kerak pada mesin cuci oleh karena itu kamu juga perlu untuk merawat dan membersihkan mesin cuci kamu secara berkala. Kelemahan lainnya bahan pada pakaian akan terasa kasar dan menjadi panas. Buat kalian yang merasakan panas dan gatal saat menggunakan detergen bubuk bisa dipastikan kalian alregi dengan detergen jenis bubuk ini.

Detergen Cair

Detergen cair merupakan sabun untuk mencuci pakaian yang berbentuk cair, detergen jenis cair ini juga mengandung konsentrat berdaya tinggi yang mana bisa menghasilkan cucian baju yang lebih bersih sempurna dan merata.

Keunggulan Detergen Cair: 

  1. Deterjen cair cocok untuk noda minyak

Pada umumnya deterjen cair mengandung alkohol etoksilat dalam bahan-bahan pembuatannya, sehingga sangat efektif untuk menghilangkan noda-noda minyak, seperti sisa masakan ataupun gorengan yang menempel pada pakaian.

  1. Deterjen cair lebih nyaman

Menggunakan deterjen cair untuk mencuci dianggap lebih mudah dibandingkan menggunakan deterjen bubuk. Dan jika Anda tidak menggunakan deterjen bubuk secara tepat pada noda, maka noda tidak akan menghilang. Selain itu, deterjen bubuk biasanya menggunakan kotak kardus yang berat, sulit dibawa, dan mudah robek terutama jika basah.

  1. Deterjen bubuk memiliki masa simpan lebih lama

Deterjen bubuk lebih stabil dibandingkan deterjen cair, kemampuan dalam kebersihan pakaian juga lebih lama. Deterjen cair akan kehilangan kemampuan untuk membersihkan pakaian jika sudah dicampur air. Jika Anda tipe orang yang suka membeli dalam jumlah besar, deterjen bubuk adalah pilihan yang lebih baik.Kekurangan Detergen Cair: detergeren jika dilihat secara harga mungkin berada diatas harga detergen bubuk.

So, Maiders! Anda lebih memilih detergen cair atau detergen bubuk? Apapun pilihan Anda , sekarang banyak brand-brand berbagai jenis deterjen yang dijual di supermarket, minimarket atau warung-warung kelontong. Pada intinya, deterjen cair dan deterjen bubuk memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Keduanya bisa membersihkan pakaian Anda dengan baik ya Maiders.

Maiders, jika Anda membutuhkan Asisten rumah tangga untuk membantu pekerjaan dirumah Anda jangan lupa pesan pekerja rumah tangga pilihan Anda di www.maimaid.id atau hubungi hotline 021 22058667.

*Sumber: Uniliver