Jakarta - Maiders, sudahkah Anda mengetahui cara mengunduh sertifikat vaksin covid-19? Ya, Maiders dapat mengunduh sertifikat vaksin di pedulilindungi.id. Caranya mudah lho, Maiders cukup download aplikasi pedulilindungi di google play store atau apps store. Aplikasi ini menggunakan data pada smartphone pengguna untuk merekam informasi yang dibutuhkan dengan memanfaatkan fitur bluetooth. Ketika ada smartphone lain dalam radius bluetooth yang juga terdaftar di PeduliLindungi, maka akan terjadi pertukaran data secara anonim yang akan direkam oleh perangkat masing-masing.

Bagi Maiders, yang belum mengikuti program vaksin, Maiders juga bisa mendaftar vaksin melalui aplikasi pedulilindungi.id. Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 bertujuan untuk memutus rantai penularan penyakit dan menghentikan wabah COVID-19.  Vaksin COVID-19 bermanfaat untuk memberi perlindungan tubuh agar tidak jatuh sakit akibat COVID-19 dengan cara menimbulkan atau menstimulasi kekebalan spesifik dalam tubuh dengan pemberian vaksin.

Baca juga: Cara Membersihkan Perabotan Rumah Tangga Berbahan Keramik

Berikut cara download serifikat pedulilindungi.id via website:

1. Buka PeduliLindungi.id

2. Buat akun melalui menu Login/Register jika belum mendaftarkan diri

3. Masukkan nomor ponsel dan tekan Login Sekarang

4. Klik nama akun, maka akan muncul pilihan Akun Anda, Kotak Masuk, dan Sertifikat

5. Jika ingin cek atau mengunduh sertifikat, klik Sertifikat Vaksin

6. Akan muncul informasi tentang berapa kali kamu sudah vaksin COVID-19. Maka, jika baru vaksin sekali, akan muncul Sertifikat Vaksin Pertama, Jika sudah dua kali vaksin, maka akan muncul dua sertifikat.

7. Klik sertifikat tersebut, maka akan muncul pilihan Unduh Sertifikat. Tekan tombol dan sertifikat otomatis akan terunduh.

Downlaod via aplikasi:

1. Unduh aplikasi PeduliLindungi via App Store atau Play Store

2. Jika belum punya akun, klik Register. Jika sudah, klik Login.

3. Masukkan data diri yang diperlukan. Kemudian, kriim kode OTP yang didapat melalui SMS.

4. Klik Paspor Digital dan pilih nama agar sertifikat vaksin muncul

5. Klik unduh untuk menyimpan sertifikat vaksin pertama maupun dua-duanya.

Cek sertifikat vaksin di PeduliLindungi bisa dilakukan dengan 3 cara. Tapi pertama-tama Maiders harus memastikan NIK dan nomor telepon yang didaftarkan saat vaksinasi sama dengan yang akan digunakan untuk PeduliLindungi.id untuk cek sertifikat vaksin ya, Maiders.

*Sumber: PeduliLindungi