Jakarta - Selain nyaman, rumah haruslah sehat dan bisa membuat semua orang bebas dari gangguan kesehatan. Hal yang satu ini sudah menjadi perhatian banyak orang, mengingat kesehatan merupakan salah satu aset paling berharga dalam kehidupan ini. Namun, untuk mewujudkan memiliki rumah yang nyaman dan sehat, tak jarang orang mengetahuinya.

Berikut Maimaid Team akan memberikan 8 langkah bagi Anda untuk menciptakan rumah yang sehat secara emosional:

  1. Luangkan waktu, perhatian, dan kasih sayang

Kualitas waktu yang Anda habiskan bersama sebagai keluarga lebih penting daripada kuantitas. Memberikan perhatian dan kasih sayang yang tulus selama 30 menit akan lebih berdampak daripada menghabiskan 60 menit bersama di mana Anda terus menatap ponsel.

  1. Desain ruang yang membangkitkan emosi positif

Mendesain rumah yang membantu keluarga Anda merasa nyaman tidak harus mahal. Ciptakan ruangan nyaman dengan bantal, warna yang kalem, atau aromaterapi bisa membantu semua orang merasakan energi yang baik.

  1. Tetapkan aturan yang Jelas

Menjadi mindful bukan berarti Anda hidup damai, tenang, dan bebas dari aturan. Justru sebaliknya, aturan dibutuhkan untuk membuat semua orang merasa aman baik secara fisik maupun emosional. Aturan-aturan tersebut misalnya penentuan ruang privat. Masing-masing anggota keluarga harus meminta izin bila ingin meminjam sesuatu ke anggota keluarga lain, atau memberi kabar bila harus pulang terlambat.

  1. Gunakan kata-kata “merasa”

Sampaikan perasaan Anda dengan bebas di rumah. Apakah itu Anda sedang merasa kesal karena terlalu banyak pekerjaan di rumah, merasa sedih lantaran ada keluarga yang sakit, atau merasa kecewa saat usaha Anda tak berhasil. Memasukkan kosa kata emosi ke dalam bahasa sehari-hari akan membantu anak lebih mampu mengidentifikasi emosinya sendiri dan lebih mudah bagi mereka untuk menyampaikannya langsung. Cara ini tentu bisa menghindari tantrum. Di samping itu, ini adalah kunci komunikasi asertif bagi Anda dan pasangan yang paling bisa diandalkan.

  1. Validasi emosi setiap orang

Jangan sampai mengabaikan emosi setiap anggota keluarga karena hal itu dapat menyebabkan banyak kerugian psikologis. Sampaikan bahwa setiap emosi yang mereka rasakan adalah valid dan dapat diterima. Berikan dukungan untuk emosi negatif yang dirasakan oleh setiap anggota keluarga. Untuk anggota keluarga yang masih muda, bimbing mereka untuk mengelola emosinya.

  1. Menggelar obrolan yang tak mudah

Anda mungkin berusaha untuk menghindari obrolan tentang apa yang membuat Anda tidak nyaman, seperti terlalu berisiknya anak-anak menjelang tidur malam, suami yang asal menarik pakaian di dalam lemari sehingga berantakan. Akan tetapi, berusaha mengabaikannya justru akan membuatnya jadi masalah yang cenderung menjadi lebih buruk dari waktu ke waktu.

  1. Praktik resolusi konflik yang sehat

Perselisihan tidak harus menjadi hal yang buruk. Akan tetapi, cara Anda mengatasinya menjadi sangat penting. Hindari mendiamkan pasangan atau anak-anak berteriak, mengancam, atau menyalahkan karena akan menghancurkan kesehatan emosional rumah mana pun. Sebaliknya, praktikan resolusi konflik yang sehat dengan mengomunikasikannya, berkompromi, dan membuat batasan yang sehat.

  1. Bicarakan tentang kesehatan mental

Bicaralah secara terbuka tentang fakta bahwa siapa pun dapat mengalami masalah kesehatan mental, seperti depresi atau kecemasan. Amy mengatakan bahwa penjelasan tentang tidak ada bedanya antara menemui seorang profesional psikologi untuk masalah di pikiran dengan menemui dokter gigi untuk gigi, sangat penting untuk diterima dengan baik oleh seluruh anggota keluarga.

Memiliki hunian di negara tropis seperti Indonesia yang sering mengalami cuaca tak menentu tentu memerlukan sejumlah kiat untuk kenyamanannya. Apalagi di kota-kota besar seperti Jakarta yang tingkat kelembabannya terbilang tinggi, hawa panas menjadi bagian keseharian.

Nah Maiders, memiliki rumah dengan bantuan dari PRT, Memang tidak salah bukan? Saat ini banyak platform penyedia Pekerja Rumah Tangga yang sangat membantu Anda untuk menemukan PRT yang handal dalam urusan pekerjaan rumah. Untuk Maiders yang sedang mencari platform layanan PRT, pilih saja Maimaid.id. Maimaid.id adalah platform penyedia layanan Pekerja Rumah Tangga yang berbasis website dan aplikasi. Maimaid.id menyediakan layanan ART, Babysitter, Supir dan Butler.

Keunggulan Maimaid yaitu Layanan After Sales, Garansi Tanpa Batas dan Bebas Biaya Admin, untuk informasi lebih lanjut silahkan kunjungi website www.maimaid.id atau hubungi hotline 021-22058667.

*Sumber: Parenting