Jakarta - Kacang hijau (Vigna radiata) adalah sejenis palawija yang dikenal luas di daerah tropika. Tumbuhan yang termasuk suku polong-polongan ini memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari -hari sebagai sumber bahan pangan berprotein nabati tinggi. Kacang hijau di Indonesia menempati urutan ketiga terpenting sebagai tanaman pangan legum, setelah kedelai dan kacang tanah. Kacang hijau merupakan tanaman jenis polong-polongan yang mempunyai kandungan gizi yang cukup tinggi seperti protein, Vitamin , serat, fosfor, kalsium dan lemak tak jenuh yang tentunya sangat baik dikonsumsi untuk kesehatan tubuh.

Kacang hijau tentunya sudah tidak asing lagi bagi kita dan dapat ditemukan dengan mudah dengan harga yang terjangkau, selain itu kacang hijau bisa dibuat bermacam-macam makanan olahan seperti kue, onde-onde, bubur kacang hijau, es kacang hijau, sereal untuk anak, puding dan masih banyak lainnya.

Untuk mendapatkan manfaat yang baik dari kacang hijau sebaiknya kacang hijau tidak dimasak terlalu matang karena akan mengurangi kandungan gizi di dalamnya, dan air rebusan kacang hijau juga bermanfaat untuk kesehatan kulit dan sangat membantu untuk proses penyembuhan luka.

Manfaat kacang hijau untuk kesehatan:

  • Kesehatan mata, kandungan Vitamin A dalam kacang hijau sangat baik untuk menjaga kesehatan mata.
  • Kolesterol, kandungan kalori yang rendah namun memiliki kandungan lemak tak jenuh yang cukup tinggi sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, jadi sering-seringlah mengkonsumsi kacang hijau secara rutin setiap hari.
  • Penyembuhan luka, Vitamin A dalam kacang hijau sangat membantu untuk proses penyembuhan luka pada kulit serta membantu menjaga kesehatan jaringan tubuh.
  • Kanker usus, kandungan serat yang cukup tinggi dari kacang hijau sangat baik untuk membersihkan pencernaan dari zat-zat yang beracun sehingga dapat mengurangi terjadinya gangguan di pencernaan seperti kanker usus.
  • Untuk Ibu hamil, untuk wanita yang sedang hamil sangat disarankan untuk mengkonsumsi kacang hijau karena mengandung Vitamin B1, B2, asam folat, karbohidrat, lemak tak jenuh, kalsium, fosfor dan protein, kandungan ini sangat bermanfaat untuk kesehatan janin dan ibu hamil.
  • Melancarkan aliran darah, kacang hijau dapat membantu menghilangkan lemak jenuh yang berada di arteri sehingga dapat memperlancar aliran darah di dalam tubuh.
  • Sebagai Antioksidan, membantu mencegah penuaan dini serta mencegah kanker.
  • Meningkatkan sistem syaraf, kandungan B1 dalam kacang hijau dapat membanu meningkatkan kinerja sistem syaraf.
  • Kesehatan tulang dan gigi, kandungan phosphor dan kalsium dalam kacang hijau sangat membantu regenerasi pembentukan tulang dan gigi.
  • Pembentukan sel baru, kandungan protein lengkap dalam kacang hijau sangat bermanfaat membantu pembentukan sel di dalam tubuh seperti otot, otak dan organ tubuh lainnya.

Lemak kacang hijau tersusun atas 73% asam lemak tak jenuh dan 27% asam lemak jenuh. Umumnya kacang-kacangan memang mengandung lemak tak jenuh tinggi. Asupan lemak tak jenuh tinggi penting untuk menjaga kesehatan jantung. Kacang hijau mengandung vitamin B1 yang berguna untuk pertumbuhan dan vitalitas pria.

Lalu, bagaimana cara membuat kacang hijau yang enak dan sehat?

Untuk membuat bubur kacang hijau, bahan utama yang Maiders butuhkan tentu adalah kacang hijau. Selain itu, masih ada beberapa bahan tambahan lainnya yang harus kamu persiapkan untuk membuat bubur kacang hijau, diantaranya adalah gula aren, santan, daun pandan, dan lainnya. Agar bubur kacang hijau buatanmu memiliki rasa yang enak, sebaiknya perhatikan juga takaran bahan-bahan tersebut. Berikut ini adalah takaran bahan-bahan untuk membuat bubur kacang hijau:

Bahan untuk membuat bubur kacang hijau:

  • 250 gram kacang hijau
  • 1000 ml air untuk merebus
  • 175 gram gula merah, sisir halus
  • 50 gram gula pasir + 150 ml air
  • 2 lembar daun pandan
  • 5 cm jahe (kupas, lalu geprek)

Bahan untuk membuat kuah santan:

  • 65 ml santan + 150 ml air
  • 2 lembar daun pandan
  • 1/4 sdt garam

Cara membuat:

  1. Tidak perlu direndam, ikuti metode 5-30-7 saat merebus kacang hijau

Cara masak bubur kacang hijau biasanya dimulai dari merendam kacang hujau agar butirannya terasa lebih empuk dan enak saat dimakan. Namun, cara ini dirasa kurang praktis karena membutuhkan waktu yang cukup lama untuk merendam kacang hijau agar teksturnya empuk. Oleh karena itu, kamu bisa coba cara masak bubur kacang hijau yang praktis dengan mengikuti metode 5-30-7 atau merebus 5 menit, diamkan 30 menit, dan rebus kembali 7 menit. Cara tepat untuk menggunakan metode ini ketika memasak bubur kacang hijau yaitu pertama rebus air hingga mendidih.

Selanjutnya masukkan kacang hijau yang sudah dibersihkan ke dalam rebusan air. Lalu rebur kacang hijau selama 5 menit. Setelah itu, matikan kompor, tutup panci, dan diamkan kacang hijau selama 30 menit. Kemudian, nyalakan kembali kompor dan rebus kembali kacang hijau selama 7 menit. Lalu matikan kompor, angkat, dan pindahkan kacang hijau ke dalam panci yang lebih besar.

  1. Buat larutan gula aren untuk menambah rasa bubur kacang hijau

Cara masak bubur kacang hijau selanjutnya yaitu membuat larutan gula aren untuk menambah rasa. Pertama, rebus gula aren, gula pasir dan daun pandan dengan air 150 ml. Rebus semua bahan hingga gula larut dan tercampur rata. Setelah itu, angkat air campuran gula lalu saring dan tuang ke dalam panci berisi rebusan kacang hijau. Kemudian tambahkan jahe, lalu rebus kembali campuran tadi agar gula lebih meresap ke dalam kacang hijau.

  1. Rebus santan agar bubur kacang hijau lebih gurih

Jika campuran kacang hijau dan air gula telah mendidih, matikan kompor lalu angkat. Selanjutnya buat campuran santan agar bubur kacang hijau terasa lebih gurih dan nikmat. Caranya rebus santan, kemudian campur dengan garam dan daun pandan. Rebus campuran santan ini hingga mendidih sambil diaduk-aduk tapi jangan sampai santan pecah.

  1. Sajikan bubur kacang hijau selagi hangat

Setelah semua bahan telah matang, sajikan bubur kacang hijau selagi hangat. Tuangkan bubur kacang hijau ke dalam mangkuk, kemudian tambahkan santan sesuai selera. Agar lebih nikmat kamu juga bisa menambahkan bubur ketan hitam sebagai pelengkap.

Makan kacang hijau dan turunannya sangat cocok untuk dikonsumsi oleh mereka yang baru menikah. Kacang hijau juga mengandung multi protein yang berfungsi mengganti sel mati dan membantu pertumbuhan sel tubuh, oleh karena itu anak-anak dan wanita yang baru saja bersalin dianjurkan untuk mengkonsumsinya.

*Sumber: Sayurbox