Jakarta - Memiliki rumah yang bersih  dan terawat adalah impian semua orang ya Maiders. Untuk mewujudkannya, ternyata kamu bisa mulai dari barang-barang kecil seperti melengkapi alat-alat pembersih rumah tangga tidak hanya membuat penghuninya nyaman menempatinya, namun juga untuk tamu yang berkunjung. Selain menyiapkan cairan pembersih yang ampuh dan ramah lingkungan, tentu saja Anda juga harus memiliki serangkaian alat bersih-bersih untuk digunakan mengusir kotoran dan debu dari dalam rumah.

Ya, alat pembersih yang tepat tentunya akan memudahkan proses bersih-bersih sehingga hasilnya bisa lebih maksimal. Lantas, peralatan bersih-bersih seperti apa yang wajib dimiliki? Simak 15 poin berikut ini! Jika rumah terawat dan terlihat rapi, tentunya keuntungan yang didapat bukan hanya tampilan rumah yang cantik saja

Rumah yang bersih adalah rumah yang sehat untuk ditinggali. Untuk itu, lengkapi yuk semua peralatan membersihkan di rumah!

  1. Spons

Ada banyak pilihan spons yang bisa Anda pilih. Namun untuk bersih yang maksimal, pilih spons lembut dengan permukaan kasar di salah satu sisinya. Ada juga spons yang memiliki sisi mikrofiber sehingga akan mempermudah Anda menghapus kotoran yang membandel. Jangan lupa untuk selalu membersihkan spons sebelum dan sesudah digunakan.

  1. Handuk Putih

Setiap rumah wajib memiliki handuk putih berukuran kecil untuk bersih-bersih. Anda bisa membeli satu set handuk kecil yang tersedia di toko swalayan. Tapi mengapa harus memilih warna putih? Fungsinya agar Anda bisa melihat kotoran yang menempel dengan lebih jelas. Warna putih juga mudah dibersihkan dengan menggunakan sitrun atau cairan pemutih lainnya. Jika ingin lebih hemat, Anda juga bisa memanfaatkan kaus lama yang tidak terpakai untuk dijadikan lap.

  1. Squeegee/rakel

Alat kecil yang satu ini sangat ampuh membersihkan permukaan kaca atau dinding ubin sehinggga menjadi kinclong. Tinggal menyemprotkan air atau cairan pembersih pada media yang akan dibersihkan kemudian seka menggunakan karet squeegee.

Anda juga bisa menyambung dengan tongkat jika ingin membersihkan squeegee untuk menjangkau area yang sulit terjangkau.

  1. Lap Mikrofiber

Fungsinya hampir sama dengan handuk putih, untuk mengangkat kotoran dengan tangan secara langsung. Namun lap mikrofiber punya daya resap air yang lebih kuat sehingga Anda bisa membersihkan dengan efektif tanpa meninggalkan debu.

  1. Botol Seprai

Botol seprai sangat penting untuk menemani waktu bersih-bersih Anda. Isi dengan air atau cairan pembersih untuk mengangkat debu atau kotoran yang lengket.

  1. Sapu, Pengki, dan Kain Pel

Ketiga alat ini sering diandalkan untuk membersihkan lantai sehingga kembali bersih. Lantai dengan material dari kayu, keramik, atau semen juga bisa dibersihkan dengan efektif menggunakan ketiga alat ini. Sementara pengki berfungsi dalam proses pengangatan debu dan kotoran sebelum lantai siap di pel.

  1.  Penyedot Debu

Ada banyak produk elektronik penyedot debu yang tersedia di pasaran. Pilih yang sesuai dengan kebutuhan dan dengan daya listrik yang rendah untuk menjaga lantai dan furnitur lain tetap bersih dan terbebas dari kuman penyebab alergi.

  1. Ember

Ember berukuran sedang tidak hanya berfungsi untuk menyimpan peralatan bersih-bersih rumah, namun juga bisa digunakan untuk merendam cairan pembersih lantai untuk mengepel.

  1.  Sikat Gosok

Terkadang spons atau kain lap kurang efektif menghilangkan kotoran atau kerak yang melekat pada permukaan. Anda bisa menggunakan sikat gosok sebagai alat permbersih yang ampuh.

  1.  Sikat Gigi

Untuk menjangkau area yang sulit seperti siku-siku dan pojok dinding, sikat gigi bisa dimanfaatkan untuk mengusir kotoran yang menempel dengan mudah.

  1.  Alat pembersih kaca

Selain membersihkan debu dan kotoran di lantai, kita juga wajib membersihkan kaca di rumah. Alat pembersih kaca adalah alat yang penting digunakan dan biasanya tergabung dalam seperangkat peralatan kebersihan.

Wiper atau pembersih kaca berfungsi untuk menambah kenyamanan penghuni rumah, menghilangkan jamur, kotoran, dan debu yang menempel di area kaca, utamanya bagian jendela rumah.

  1.  Semprotan Botol

Botol spray atau botol semprotan biasanya digunakan sebagai alat penyemprot cairan pembersih kaca, kemudian kaca dibersihkan menggunakan wiper pembersih, lalu dikeringkan menggunakan kain lap.

13. Sikat Baja

Sikat baja atau sikat kawat baja adalah sikat pembersih. Sikat ini sangat ampuh dalam membersihkan kotoran membandel atau sulit dihilangkan. utamanya peralatan dapus seperti bagian bawah wajan ataupun panci yang menghitam.

14. Sikat Sepatu

Membersihkan sepatu dengan rutin penting sekali agar sepatu tak mudah rusak dan lebih awet. Tapi untuk membersihkannya memang bukan sesuatu yang mudah dilakukan, khususnya membersihkan bagian dalam sepatu.

Karena itu, dibutuhkan sikat sepatu. Sikat untuk membersihkan sepatu biasanya didesain secara khusus agar bisa membersihkan sepatu dengan menyeluruh. Sikat sepatu ini mempunyai 3 sisi dengan kegunaan yang berbeda.

Di bagian depan ada 2 sikat yang berperan membersihkan bagian dalam sepatu, sedangkan sikat bulu pada ujung satunya dirancang untuk membersihkan sol sepatu.

15. Vacum Cleaner

Vacuum cleaner atau alat penghisap debu ialah alat pompa udara yang berguna untuk menghisap kotoran dan debu yang terdapat di lantai, karpet ataupun tempat-tempat lain. Dengan menggunakan alat canggih ini aktivitas bersih-bersih dapat menjadi lebih cepat dan mudah.

Kita hanya tinggal menempelkan moncong alat ini ke area-area berdebu atau kotor. Selanjutnya biarkan alat ini menghisap debu-debu tersebut dan menampungnya dalam alat untuk kemudian anda buang.

Nah, jadi rumah yang nyaman bukan karena berdasarkan ukurannya semata tapi lebih kepada bagaimana cara kita menjaga kebersihannya. Dan bagi Anda yang tengah mencari pekerjaan sebagai Pekerja Rumah Tangga (PRT) seperti Asisten Rumah Tangga, Babysitter, Supir dan Driver. Yuk segera daftar dan gabung menjadi partner professional kami di www.maimaid.id atau hubungi hotline 021 22058667.

*Sumber: Maimaid Team